MICROSOFT OFFICE WORD 2007
Tab
Insert
digunakan untuk
menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar,
tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert
tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan
ke internet.
Secara umum perintah
yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki
kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah:
(1) Pages,
(2) Tables,
(3) Illustrations,
(4) Links,
(5) Header & Footer,
( 6) Text, dan
(7) Symbols.
A.
Fungsi Icon di Group Pages
keterangan
Cover Page : digunakan untuk menyisipkan serta memilih
jenis halaman sampul
Blank Page : untuk
menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
Break Page : untuk
memisah suatu halaman file dokumen
Cover
Page
dibutuhkan saat user
ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan
fitur teranyar MS. Word yang sudah built-in sejak MS Word rilisan 2007 yang
lalu. User bisa memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya,
jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika.
Blank
Page
digunakan untuk membuat
halaman kosong baru. Ini sangat membantu user saat pengelolaan dokumen harus
pindah ke halaman baru, padahal baru setengah halaman yang terisi teks. Jadi
user tidak perlu menekan Enter ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini
sesuai dengan visi MS. Word seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis
dan efisien.
Break
Page
sangat dibutuhkan
terutama saat user ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi dua halaman.
sebagai ilustrasi, dalam suatu dokumen teridiri dari 10 paragraf yang berjejal
di satu halaman saja, terus user ingin menjadikannya sebagai dua halaman, maka
user cukup meletakkan kursor di bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan
halaman pertama, klik icon Break page. Maka paragraf sesudah tanda kursor tadi
akan berpindah ke halaman berikutnya. Bila dalam hal ini user menggunakan icon
Blank Page, maka antara paragraf sebelum kursor dan setelahnya akan terpisah
dengan satu halaman kosong.
B.
Fungsi Icon di Group Tables
keterangan
Insert Table : untuk
menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table : untuk
menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table : digunakan untuk menjadikan teks terpilih
berada dalam table
Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel
dalam bentuk lembar kerja Excel
Quick Tables : untuk menyisipkan
tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2007
Saat user meng-klik
icon Table, akan muncul flyout yang berisi perintah-perintah tersebut dengan
judul Insert table. Pada pilihan pertama terdapat built-in tabel. Disini user
cukup memilih jumlah tabel dengan menggerakkan pointer secara diagonal dan
diakhiri dengan klik kiri mouse untuk menerapkan jumlah tabel terpilih. Disini
jumlah tabel terbatas dalam 10 tabel.
Insert
Table
digunakan untuk menyisipkan tabel melalui
dialog box. User perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of
Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke
bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user dapat
menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini.
Draw
Table
berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan
menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse
langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat
gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis
lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila user membuat garis
ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area
dalam suatu tabel.
Convert
Text to Table
digunakan untuk
mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini
program berjalan secara stereotip. Program hanya melihat adanya jejak tombol
Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi maka
hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri
dari dua paragraf yang spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua
kolom ke samping dan dua baris ke bawah.
Excel
Spreadsheet
digunakan untuk menyisipkan tabel dengan
format lembar kerja Excel. dengan fitur ini user dapat memasukkan rumus fungsi
layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, user dapat menghadirkan spesifikasi Excel
biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
Quick
Tables
berfungsi untuk
menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2007 ini. User
dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu
tersebut user dapat memilih desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
C.
Fungsi Icon di Group Illustrations keterangan
Insert Table : untuk
menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
Draw Table : untuk
menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
Convert Text to Table : digunakan untuk menjadikan teks terpilih
berada dalam table
Excel Spreadsheet : untuk menyisipkan tabel
dalam bentuk lembar kerja Excel
Quick Tables : untuk menyisipkan
tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2007
Saat user meng-klik
icon Table, akan muncul flyout yang berisi perintah-perintah tersebut dengan
judul Insert table. Pada pilihan pertama terdapat built-in tabel. Disini user
cukup memilih jumlah tabel dengan menggerakkan pointer secara diagonal dan
diakhiri dengan klik kiri mouse untuk menerapkan jumlah tabel terpilih. Disini
jumlah tabel terbatas dalam 10 tabel.
Insert
Table
digunakan untuk menyisipkan tabel melalui
dialog box. User perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of
Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke
bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user dapat
menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini.
Draw
Table
berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan
menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse
langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat
gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis
lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila user membuat garis
ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area
dalam suatu tabel.
Convert
Text to Table
digunakan untuk
mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini
program berjalan secara stereotip. Program hanya melihat adanya jejak tombol
Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi maka
hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri
dari dua paragraf yang spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua
kolom ke samping dan dua baris ke bawah.
Excel
Spreadsheet
digunakan untuk menyisipkan tabel dengan
format lembar kerja Excel. dengan fitur ini user dapat memasukkan rumus fungsi
layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, user dapat menghadirkan spesifikasi Excel
biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
Quick
Tables
berfungsi untuk
menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2007 ini. User
dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu
tersebut user dapat memilih desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
C.
Fungsi Icon di Group Illustrations
keterangan
Picture : digunakan untuk menyisipkan
gambar yang tersimpan di computer
Clip Art : untuk menyisipkan gambar-gambar
ilustrasi yang tersedia di library program
Shapes : digunakan untuk menyisipkan objek
gambar autoshape
SmartArt : digunakan untuk menyisipkan gambar
dalam bentuk organization
Chart : digunakan untuk menyisipkan
diagram
Picture
merupakan perintah yang digunakan untuk
menyisipkan gambar yang tersimpan di komuter atau di media removable lainnya.
Dengan ini user dapat menyisipkan gambar atau foto. Saat user menggunakan
perintah ini, user akan masuk ke jendela penjelajahan file untuk mengakses
gambar di lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
Clip
Art
digunakan untuk
menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan dengan
tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip Art dapat
berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang tergarap, tentunya sesuai
dengan yang tersedia di library program. Namun demikian user dapat mengunduhnya
dari situs resmi Microsoft Corporation.
Shapes
digunakan untuk
menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga,
lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya membuat
gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara manual. Namun
fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. User dapat membuat
objek lingkaran yang ideal dengan cukup menyisipkannya melalui Shape tersebut.
SmartArt
merupakan fitur jelmaan Organization Chart di
Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama.
Siluman fitur 2003 ini memang sarat dengan objek inovatif dengan sosok tiga
dimensi sebagai andalan. SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur
yang lebih bersifat ilustratif. User bisa membuat ilustrasi jenis-jenis
binatang melalui fasilitas ini.
D. Fungsi Icon di Group Links
keterangan
Hyperlink : digunakan untuk menautkan
teks / objek terpilih dengan file lain
Bookmark : digunakan membuat penanda
buku
Cross-Reference :
digunakan untuk membuat referensi antar file
Hyperlink
digunakan untuk menghubungkan teks atau teks
terpilih dengan file lain. Bahkan, user bisa menautkan teks terpilih dengan
bagian tertentu di situs web.
Bookmark
digunakan untuk membuat penanda buku atau
sebagai halaman favorit. Disini user diminta untuk melakukan setting terhadap
file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit dari teks
atau objek terpilih.
Cross-reference
digunakan untuk membuat referensi atau rujukan
antar file. Dengan fasilitas ini user dapat membuat rujukan ke footnote atau
endnote tertentu di suatu halaman.
E.
Fungsi Icon di Group Header & Footer
keterangan
Header : digunakan untuk
mengatur kepala halaman suatu file
Footer : digunakan untuk melakukan
setting terhadap kaki halaman suatu file
Page Number : digunakan untuk melakukan setting terhadap
homor halaman
Header
digunakan untuk
mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya suatu dokumen resmi perlu
dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan fasilitas Header tersebut, user
dapat memberikan serta mengatur format header. Disitu terdapat beberapa format
Header yang sudah built-in. User dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer
digunakan untuk
mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer
berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header,
Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih
serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah:
jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer
di halaman lainnya akan persis sama.
F.
Fungsi Icon di Group Text
keterangan
Text Box : digunakan untuk menyisipkan kotak
yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts : digunakan untuk mengatur teks otomatis
dll
WordArt : digunakan untuk menyisipkan teks
bergaya artistic
Drop Cap : digunakan untuk menyisipkan huruf
kapital besar pada awal paragraph
Signature Line : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan
digital
Date & Time : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan
waktu terkini
Object : digunakan untuk menyisipkan objek
dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
Text
Box
berfungsi untuk
menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut.
dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text.
Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah
disisipkan.
Quick
Parts
merupakan menu yang menyediakan
perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks
otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag,
dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset
sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks
Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save
Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari
teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt
digunakan untuk
menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan
tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User akan diminta
untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah
terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi user sudah
membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
Drop
Cap
digunakan untuk menysipkan huruf kapital
dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user
disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang
diinginkan.
Signature
Line
digunakan untuk
menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan
Microsoft Corporation.
Date
& Time
digunakan untuk menyisipkan
tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam
sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan
membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan.
Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object
digunakan untuk menyisipkan objek embedded,
berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu.
Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan
ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
G.
Fungsi Icon di Group Symbols keterangan
Text Box : digunakan untuk menyisipkan kotak
yang dapat diisi dengan teks
Quick Parts : digunakan untuk mengatur teks otomatis
dll
WordArt : digunakan untuk menyisipkan teks
bergaya artistic
Drop Cap : digunakan untuk menyisipkan huruf
kapital besar pada awal paragraph
Signature Line : digunakan untuk menyisipkan tanda tangan
digital
Date & Time : digunakan untuk menyisipkan tanggal dan
waktu terkini
Object : digunakan untuk menyisipkan objek
dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
Text
Box
berfungsi untuk
menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang tersedia di menu tersebut.
dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek Shape yang kemudian di-Add text.
Disini user juga bisa melakukan setting seperlunya terhadap Text Box yang telah
disisipkan.
Quick
Parts
merupakan menu yang menyediakan
perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks
otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag,
dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset
sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks
Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save
Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari
teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt
digunakan untuk
menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan
tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User akan diminta
untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah
terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi user sudah
membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
Drop
Cap
digunakan untuk menysipkan huruf kapital
dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user
disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang
diinginkan.
Signature
Line
digunakan untuk
menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan
Microsoft Corporation.
Date
& Time
digunakan untuk menyisipkan
tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam
sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan
membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan.
Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object
digunakan untuk menyisipkan objek embedded,
berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu.
Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan
ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
G.
Fungsi Icon di Group Symbols
keterangan
Equation:
digunakan
untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol:
digunakan
untuk menyisipkan karakter khusus.
No comments:
Post a Comment